Jumat, 04 Juli 2008

PENGARUH BRAND AWARENESS,BRAND PERSONALITY TERHADAP PEMBENTUKKAN BRAND IMAGE

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Pembentukkan brand image sangat penting suatu perusahaan dimana brand image,mempresentasikan dan mengekspresikan brand personality.Ketika suatu perusahaan atau organisasi ingin mempunyai image yang baik dimata eksternal stakeholdernya.Maka perusahaan berkewajiban untuk melibatkan dan memberi pendidikan pada seluruh individu dalam perusahaan atau organisasi untuk dapat bertanggung jawab dalam mengelola merek dan mengembangkan brand culture.Yang artinya dapat memberikan janji yang ingin diberikan perusahaan atau organisasi pada stakeholdernya sehingga untuk mendukung agar keseimbangan karyawan atau masing-masing individu dalam perusahaan sangat diperlukan kesadaran dari mereka terhadap produk/jasa atau janji yang bisa mereka tawarkan atau diberikan kepada pelanggan atau stakeholder potential (jurnalis scripsi co cc/2007/11/01)

Suatu brand dibangun dengan menciptakan citra suatu produk konsumen bersedia membayar lebih dan menganggapnya berbeda karena brand image melncarkan asosiasi citra tertentu.Pembentukkan brand image mempunyaui gejala-gejala masalah seperti pengertian logo ,penawaran produk,kampanye dan slogan pemasaran yang telah dicampuradukan .Merek yang sering disalahgunakan dan kehilangan makna yang sesungguhnya setiap orang telah memiliki sebuah merek .Merek anda merupakan cerminan dari siapa diri anda serta apa yang anda yakini ,yang secara nyata telah terungkap dari apa yang telah dilakukan dan bagaimana melakukan hal tersebut. Logo merupakan suatu tindakan yang menghubungkan anda dengan produk, dengan orang lain dan koneksi dengan orang lain tersebut, akan mengakibatkan terjadinya suatu hubungan. Dalam kenyataannya, gambaran mengenai logo akan merupakanpersepsi yang selalu diingat dan orang lain. Sebagaimana persepsi akan berkembang dan menjadi tajam melalui kontak yang berulang-ulangan antara anda dan oraris lain tersebut, akan terbentuklah suatu hubungan yang didasarkan kepada merek.( David Mc Nally. Karl D Speak, Jakarta. 2004 hal 5 ).

Pembentukan brand image di pengaruhi oleh faktor-faktor seperti brand awareness, brand personality dan brand cuture ( Amelia safitri jurnal skripsi co cc/ 2007/ 11/011). Gejala masalah mengenai brand awareness adalah dengan merek yang mulai memudar, kadang bukanlah kendala kesadaran merek yang menjadi masalah. Namun bisa jadi keluasan kesadaran merek yang menjadi masalah konsumen hanya cenderung berpikir dan suatu merek dalam scape yang sempit. Oleh karena itu, suatu hal yang penting dalam membangunan ekuitas merek tertentu dan menjamin bahwa, pembelian dan pemasaran merek dan memuaskan kebutuhan dan keinginan. Konsumen diharapkan dapat terjadi peningkatan pemakaian akan merek tertentu yang dapat dilakukan dengan dua cara :

  1. Meningkatkan kuantitas pemasaran
  2. Meningkatkan frekuensi pemasaran ( Aaker, 1991)

Di dalam brand personality masalah yang timbul.

Bagi para pemula, oleh karena merek anda merupakan persepsi yang

tertanam dan terpelihara di dalam benak orang lain, maka yang menjadi inti peroalannya adalah bagaimana hubungan tersebut telah berkembang dari hubungan-hubungan yang bersifat emosional gejala-gejalanya juga berhubungan dengan emosional dengan memperlihatkan sikap yang khas, relevan dan konsisten. Dengan perkataan lain, ketika tindakan-tindakan anda bersifat khas, relevan dan konsisten maka pemirsa yang anda tuju akan mulai melihat dan memahami merek anda.( David racnally, Karl D speak. Jakarta, 2004 hal 22)

B. IDENTIFIKASI MASALAH

Pembentukan brand image pada suatu perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti awareness, personality, culture dua dari faktor di atas yakni brand awareness dan brand personality merupakan faktor penting yang mempengaruhi pembentukkan brand image.Gejala-gejala masalah yang terkait dari tiga masalah tersebut adalah :

*Pembentukkan brand image

Sebuah merek merupakan cerminan diri dari anda serta apa yang anda yakini yang secara terungkap dari apa yang telah dilakukan dan bagaimana melakukan hal tersebut.merek merupakan suatu tindakan yang menghubungkan anda dengan produk dengan orang lain dengnan koneksi yang lain .Persepsi akan berkembang dan menjadi tajam melalui kontak yang berulang-ulang antara anda dan orang lain tersebut.(David Mcnally D Speak ;2004 hal 5).

*Pembentukkan Brand Awareness

Dengan merek yang mulai memudar ,kadang bukanlah kedalam kesadaran merek yang menjadi masalah tapi bisa jadi keluasan kesadaran.Merek yang menjadi masalah konsumen hanya cenderung berpikir akan suatu merek dalam scape yang sempit saja.(Aaker 1991 )

*Pembentukkan Brand Personality

Dengan brand personality merupakan suatu hubungan dan bagaimana hubungan tersebut,telah berkembang dari hubunngan –hubungan yang bersifat emosional .Oleh karena brqand personality merupakan persepsi yang tertanam dan terpelihara dan bagaimana cara orang lain memandang terhadap brand tersebut.(David Mcnally ,karl D Speak Jakarta,2004 hal 22)

C. BATASAN MASALAH

*Penelitian ini tidak mengkaji seluruh yang mempengaruhi pembentukkan brand image namun hanya sebatas ruang lingkup mengenai brand awreness dan brand personality saja.

*Fokus penelitian ini tidak dilakukan pada kantor pusat,namun hanya pada beberapa kantor cabang yang ada dan juga responden yang diteliti hanya difokuskan kepada karyawan bagian umum dan personalia.

D. RUMUSAN MASALAH

*Bagaiman tingkat brand awareness pada suatu perusahaan ?

*Bagaimana tingkat personality pada suatu perusahaan?

*Bagaimana cara pembentukkan brand image pada suatu perusahaan?

*Bagaimana hubungan brand awareness dengan pembentukkan brand image pada suatu perusahaan?

*Bagaimana hubungan brand personality dengan pembentukkan brand image pada suatu perusahaan?

*Bagaimana hubungan brand awareness dan brand personality terhadap pembentukkan brand image pada suatu perusahaan?

E. TUJUAN PENELITIAN

*Mengetahui tingkat brand awareness pada suatu perusahaan

*Mengetahui tingkat brand personality pada suatu perusahaan

*Mengetahui cara pembentukkan brand image pada suatu perusahaan

*Mengetahui hubungan brand awareness dengan pembentukkan brand image pada suatu perusahaan

*Mengetahui hubungan brand personality dengan pembentukkan brand image pada suatu perusahaan

*Mengetahui hubungan brand awareness dan brand personality dengan pembentukkan brand image pada suatu perusahaan.

F. MANFAAT PENELITIAN

*Mempeluas pengetahuan penulis dalam masalah manajemen pemasaran ,khususnya tentang brand awareness ,brand personality ,dan brand culture

*Menjadi referensi untuk penelitian-penelitian berikutnya yang relevan

*Memberikan referensi bagi perusahaan dalam mengelola memasarkan suatu merek.

BAB II
LANDASAN TEORI

A.Kajian Teori

Pembentukan Brand Image

  1. Tujuan brand image
  2. Manfaat Brand Image
  3. Faktor – faktor yang mempengaruhi Pembentukan Brand Image
  4. Indikator – indikator dari Brand Image

Brand Awareness

  1. Tujuan Brand Awareness
  2. Manfaat Brand Awareness
  3. Faktor – faktor yang mempengaruhi Brand Awarness
  4. Indikator dari Brand Awareness

Brand Personality

  1. Manfaat Brand Personality
  2. Tujuan Brand Personality
  3. Faktor – faktor yang mempengaruhi Brand Personality
  4. Indikator dari Brand Personality


B. Kerangka Konseptual

  1. Hubungan antara Brand Awareness dengan Pembentukan Brand Image
  2. Hubungan antara Brand Personality dengan Pembentukan Brand Image
  3. Hubungan antara Brand Awareness dan Brand personality dengan Pembentukan Brand Image


C. Hipotesis


Bab III
Metode penelitian

A. Definisi Operasional

B. Tempat dan Waktu Penelitian

C. Populasi dan Sampel

D. Teknik Pengumpulan Data

E. Teknik Analisis Data

Tidak ada komentar: